Sunday 14 June 2020

06-02 Arwah Membongkar Kasus Lewat Mimpi (Bgn 2)




Kasus Aneh di Taiwan 06
Arwah Membongkar Kasus Lewat Mimpi
Ditulis oleh : Venerable Jinghui

(Bagian 2)

Hal pertama yang kami lakukan adalah menunjukkan kartu identitas dan surat tugas kami kepada pemilik rumah, kemudian dengan sopan menyampaikan pada pemilik rumah, maksud dari kunjungan kami, untuk sementara waktu kami hanya menyatakan bahwa tujuan kami adalah murni berkunjung, kami belum memiliki informasi yang cukup untuk memasuki proses hukum, makanya ditinjau dari kedudukannya, dia berhak menolak kunjungan kami.

Namun di luar dugaan, majikan rumah ini sangat baik dan ramah, dia bersedia bekerja sama dengan kami, sangat senang membantu kami. Dia mengatakan pada kami, rumah kediamannya ini, beberapa waktu yang lalu, melalui jasa pialang properti, dibeli dari seorang yang bermarga Cui.

Mengenai data orang bermarga Cui ini, bisa diperoleh dari pembuat akta. Saya berhasil menghubungi pembuat akta, beliau berkata orang yang bermarga Cui itu telah berimigrasi ke Amerika Serikat, sejak awal sudah meninggalkan Taiwan.

Diam-diam saya berdiskusi dengan rekan kerjaku : Kalau cuma mengandalkan sebuah mimpi, apakah sudah boleh masuk ke rumah orang dan melakukan pemeriksaan? Untunglah pemilik rumah bersedia membantu, juga sangat bekerja sama, beliau menemani kami memeriksa setiap ruangan di rumah tersebut dengan seksama, tetapi kami tidak berhasil menemukan petunjuk apapun, benar-benar tidak ada yang patut dicurigai di sana.

Kami kembali ke kantor tanpa hasil apapun, menyampaikan laporan secara lengkap hasil survei lapangan kepada Atasan kami. Saya berkata padanya : “Rumah dalam mimpi itu memang benar-benar ada lho, bahkan persis sama, juga benar-benar ada nomor rumah itu, tidak salah sama sekali. Tetapi kenapa tidak melihat gadis yang ada di dalam mimpi? Siapakah dia sebenarnya? Lalu dimanakah dia berada?”

Pak Atasan berkata : “Tidak usah panik, santai saja. Asalkan jodoh sudah masak, dengan sendirinya kasus akan terbongkar. Bisa saja gadis itu memiliki penderitaan yang sulit diungkapkan keluar, jadi tidak nyaman untuk muncul. Tetapi ada satu hal yang boleh dipastikan, gadis itu pasti memiliki pengaduan, ingin minta kita menegakkan keadilan bagi dirinya. Makanya jangan berputus asa, lebih giat berusaha!”

Tetapi, saya tidak tahu bagaimana langkah selanjutnya, apa yang harus dilakukan lagi.

Malu juga rasanya bila mengatakan bahwa setelah hampir setengah bulan lamanya kami menyibukkan diri, sampai sekarang masih belum ada titik terang apapun.

Saya merasa sungguh bersalah pada rekan kerjaku, saya sangat ingin melepaskan kasus ini, bagaimanapun juga ini cuma sebuah mimpi belaka! Tetapi Atasan-ku tidak menyalahkan diriku sama sekali, bahkan selalu memberiku motivasi : Jangan putus asa.

Keesokan harinya, saya minta izin pada Atasan supaya mengutus dua orang rekan kerja pria untuk mendampingi diriku ke lokasi kejadian. Saya bertanya kepada majikan rumah : Apakah ada seorang gadis di dalam bunker di rumah tersebut?

Pemilik rumah jadi keheranan, mana ada bunker di rumahnya? Dia menunjukkan bukti hak properti dan denah rumah, agar kami dapat memahami keseluruhan struktur rumah ini, ternyata benar tidak ada ruang bawah tanah-nya.

Se-kali lagi saya kembali ke kantor dengan tangan kosong, dengan kepala tertunduk malu menyampaikan laporan kerja kepada Atasan, tidak ada hasil apapun yang saya peroleh.

Pak Atasan berkata : “Apakah kamu memastikan tidak ada ruang bawah tanah?  Apakah kamu memastikan tidak ada orang di ruang bawah tanah?”

Saya kembali ke meja kerjaku, bertanya pada kedua orang rekan kerjaku, apa maksud dari dua kalimat yang diucapkan Pak Atasan tadi? Saya ingin mendengar pendapat mereka.

Salah seorang rekan kerjaku berseru kegirangan lalu berkata : “Besok kita bawa lebih banyak orang ke sana, supaya lebih banyak orang yang bisa ikut bantu berpikir memecahkan misteri ini.”

Bersambung ke bagian 3 ......................





《臺灣奇案》
 ~淨慧法師

六、冤魂託夢  指引破案

(二)

我們先出示證件,然後很有禮貌地問這房子的主人,詳細說明我們的 來意,我們告訴他,目前只是初步拜訪,我們尚沒有充分的資料得以進 入法律程序,所以,就他的立場而言,他可以拒絕我們。

真沒想到,這房子的主人非常憨厚善良,他很願意與我們合作,很願 意幫助我們。他還告訴我們,他這棟房子,是沒多久前,才透過掮客, 向一位姓崔的人頂過來的。而這姓崔的資料,只需找代書查詢,就可問 到。我們連絡到了代書,對方說這姓崔的已移民美國,早就離開臺灣了。

我偷偷請教同事:光憑一場夢,就可以到別人房子裏,查東查西嗎? 還好這家主人很幫忙,又很合作,他陪著我們仔細地一間一間地看了再看,但我們竟然什麼都沒看到,連個蛛絲馬跡也沒發現,真的沒有半點 令人值得懷疑之處。

我們垂頭喪氣地回到辦公室,一五一十地向上級稟報我們實地勘察的 結果。我說:「真有夢中那棟房子,而且完全一樣,也真有那門牌號碼, 一點沒錯。可是,為什麼卻怎麼也看不到夢中那位小姐呢?她到底是誰? 又在哪裡?」

長官說:「別急,慢慢來。只要因緣成熟,自會水落石出。說不定那 位小姐還有難言之苦處,尚不便現身。但可以確定的事,是那位小姐必 有冤情,要我們為她平反。千萬不可放棄,用點心,再接再厲!」

可是,我已經不知道下一步該怎麼辦了。

說來慚愧,這事我們已忙了快半個月了,到今天,卻什麼頭緒也沒有。 我覺得我好對不起同事,我好想放棄,畢竟這只是一場虛無縹緲的幻夢 而已!但我的長官不僅一點點責怪也沒有,反倒慈祥和藹地一再鼓勵我: 別灰心。

第二天,我又請求長官派兩名男同事陪我去現場。我請教那棟房子的 主人:是否有位年輕小姐,住在這裏的地下室?那主人感到很奇怪,這 棟房子哪有地下室?他拿出產權證明及平面圖,讓我們瞭解這房子的全 盤結構,果真沒有地下室。

我又很失望地回辦公室,也再度很沒臉地向長官稟報,我一無所獲。

長官說:「你確定沒有地下室?你確定地下沒有住人?」

我回到座位上,把長官的兩句話轉問同事,聽聽他們的看法。

其中一名同事若有所悟地哇了一聲,說:「我們明天多帶一些人手去, 大家幫忙動動腦筋。」