Saturday 13 June 2020

05-03 Lebih Baik Masuk ke Dalam Jaring-jaring Hukum (Bgn 3)




Kasus Aneh di Taiwan 05
Lebih Baik Masuk ke Dalam Jaring-jaring Hukum Daripada Melanggar Hati Nurani
Ditulis oleh : Venerable Jinghui

(Bagian 3)

Setiap orang pasti ada kalanya tersandung, asalkan bersedia bangkit dari tempat mana dia terjatuh, menghadapi dengan gigih tanpa gentar, jangan lari dari kenyataan.

(Lai oo adalah nama samaran, setiap insan mempunyai harga diri, tidak dapat diganggu gugat, termasuk terpidana mati juga memiliki hak yang sama. Putra putri Lai oo sangat berbakat, maka itu tidak pantas dilukai. Tak peduli Anda mengetahui nama asli mereka atau tidak, Anda juga tidak berhak menyebarluaskan-nya.)

Catatan 01 :
Menjelang eksekusi, Lai oo meninggalkan tiga pucuk surat wasiat, sepucuk buat keluarganya, sepucuk buat temannya yang melakukan pelanggaran bersamanya waktu berada di Kaohsiung, sepucuk lainnya diperuntukkan buat seorang rekan kerjanya.

Menurut penuturan dari istri Lai oo padaku di kemudian hari, temannya yang melakukan pelanggaran bersamanya waktu berada di Kaohsiung, tetap bersikukuh tidak mau menyerahkan diri, suatu hari ketika dia berkunjung ke Karaoke, bertemu dengan terjadinya baku tembak antar dua kelompok gangster,  lalu dia tewas oleh peluru nyasar.

Catatan 02 :

Lai oo tahu kasus pembunuhan yang terjadi di lahan konstruksi adalah perbuatan rekan kerjanya (si A) yang masih berusia muda, uang korban juga dirampasnya.

Tetapi menurut penuturan istri Lai oo kepada diriku, Mama si A adalah seorang janda, ketika Papa-nya tewas dalam kecelakaan mobil, hanya meninggalkan dirinya yang masih berada dalam kandungan.

Ayah si A adalah anak tunggal, Opa-nya juga adalah anak tunggal, bahkan mati dalam usia muda, meninggalkan Oma-nya, sebanyak tiga generasi hanya ada anak tunggal, maka itu, Lai oo ikhlas mewakilinya menanggung hukuman mati, tiada penyesalan sama sekali.

Catatan 03 :
Kasus pembunuhan di Kaohsiung, tidak berada di bawah yurisdiksi kami, maka itu kami tidak memiliki hak untuk menindaklanjuti.

Catatan 04 :
Ketiga anak Lai oo pernah bertanya padaku : “Bibi, mengapa Ayah kami harus dihukum mati?”

Saya memberitahukan pada mereka : “Ayah kalian demi menyelamatkan masa depan seorang pemuda, makanya mewakilinya menjalani hukuman mati.”

Saya tidak boleh membiarkan citra seorang Ayah yang selama ini dikagumi tiga anaknya, hancur setelah mengetahui perbuatan Ayahnya sewaktu muda.

Saya berusaha memberikan seorang sosok Ayah yang mulia bagi tiga anak tersebut, agar sepanjang hidup mereka dapat merasa bangga pada sosok Ayahnya, berdiri di depan maupun di belakang orang lain tanpa harus menanggung beban rasa malu.   

Catatan 05 :
Kasus yang menimpa Lai oo di lahan konstruksi, dengan kejelasan bukti pidana waktu itu, tampaknya sangat sulit untuk membuka kembali kasus ini, makanya tidak ada orang yang yakin bisa mewujudkannya. Apalagi Lai oo secara pribadi tidak ingin hidup lagi, meskipun Dewa turun dari Langit juga tidak dapat membantunya.

Lai oo ingin “Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui”, selain dapat menebus dosa sendiri guna melindungi keselamatan nyawa kedua putrinya, juga demi menolong rekan kerjanya supaya dapat meneruskan generasi keluarganya, hitung-hitung tidak rugi, mati pun tanpa penyesalan!

Catatan 06 :
Tiga anak Lai oo menganggap tujuan saya membesarkan mereka, bersusah payah membimbing mereka, hanya demi menebus kesalahanku karena salah vonis, supaya hati nurani bisa tenang dan damai.

~Selesai~




《臺灣奇案》
 ~淨慧法師

五、寧入法網  不觸天網

(三)

每個人都或多或少會有失足的時候,但哪裡跌倒,就從哪裡爬起,要 勇敢面對,不要逃避。

(本文賴○○為假名。每個人都有他的尊嚴,不容侵犯,即使是死刑 犯也一樣。賴○○的子女非常上進,更不該受到傷害。無論您知否真實 姓名,皆無權對任何人宣洩。)

附註一:賴○○於處決前,留下三封絕筆書,一封給家人,一封給在 高雄一起犯錯的朋友,另外一封給一名同事。據賴○○之夫人後來告訴我,那位在高雄一起犯錯的朋友,仍然不肯自首,有一次在卡拉OK店, 碰到兩派兄弟火拼,被不長眼睛的流彈所射殺。

附註二:賴○○知道這兇殺案是他的一名年輕同事幹的,被害人的錢 也是他拿走的。但據賴○○的夫人告訴我,這名同事的媽媽是寡婦,他 的爸爸車禍死時,只留下他這名遺腹子。這名同事的爸爸是獨子,爺爺 也是獨子,而且早就過世,留下他奶奶,三代就只有這一柱香火,所以, ○○心甘情願為他頂了,無怨無悔。

附註三:高雄那個案子,不歸我們管轄,無權過問。

附註四:賴○○的三名兒女,問過我:「阿姨,我爸為什麼非死不 可?」我都告訴他們:「你爸為了挽救一個年輕人的一生,而替對方 死。」我不能讓三個孩子一生所孺慕的父親形象,為此而破滅。我堅持 給三個孩子一個偉大的爸爸,讓他們一生都能以自己的父親為榮,站在 人前人後,都能毫無愧色。

附註五:賴○○的冤情,以當時罪證之明確,要為其翻案,似乎非常 之難,所以,沒有人有把握。何況,賴○○本身不想活,即使神仙也救 不了他。賴○○想一舉兩得,既為自己贖罪以保自己女兒之命,又為自 己同事留住香火,按理也算值回票價,死而無憾吧!

附註六:賴○○的三個孩子都認為我養育他們、辛苦教育他們,只是在為我自己所誤判的冤獄,作良心上的贖罪罷了。

附註七:聖經說:「主啊!請您原諒他們,寬恕他們,因為他們不知 道他們所作的。」